ppc

Saturday, July 24, 2010

Nokia 6300

Nokia 6300 merupakan telepon genggam yang dirilis oleh perusahaan ponsel Nokia pada semester pertama 2007 dengan slogan utama “Gaya sebenarnya tidak berteriak”.Ponsel ini memiliki bentuk dasar dengan desain tipis elegan serta menggunakan bahan alumunium (stainless steel) untuk badan (casing) ponsel. Nokia 6300 memiliki memori MicroSD (dengan memori internal sebesar 135Mb), radio modulasi frekuensi (FM) dan resolusi layar sebesar 240 x 320 piksel dengan kedalaman warna 24 bits atau 16.7 juta warna. Ponsel ini diluncurkan dengan tiga pilihan kombinasi warna, yaitu perak-hitam (silver-black), perak-putih keramik (silver-ceramic white), serta perak-merah (silver-velvet red)


Spesifikasi
Fitur Utama
Desain tipis elegan dengan bingkai badan ponsel terbuat dari alumunium (stainless steel)

Lampu peringatan untuk menunjukkan pesan yang belum terbaca atau panggilan yang tak terjawab (missed called)

Spesifikasi kamera 2 Megapiksel dengan 8x zoom digital
Tombol suara (Key volume) pada sisi samping ponsel
Pemutar musik, radio stereo FM, dan pemutar video
Layar beresolusi 240 x 320 piksel (TFT) QVGA dengan 16 juta warna
Memori Eksternal maks. 2GB

Jaringan
Frekuensi jangkauan :GSM/EDGE (900/1800/1900 MHz; 850/1800/1900 MHz)

GSM atau EDGE merupakan bagian dari perkembangn teknologi ponsel. Perkembangan tersebut berlangsung sangat cepat. Teknologi komunikasi ponsel generasi pertama adalah Acdvaned Mobil Phone Service (AMPS) yaitu pada tahun 1978. Sedangkan GSM merupakan generasi kedua dari teknologi ponsel. GSM mampu menyalurkan komunikasi suara dengan data berkecepatan rendah (9.6 - 14.4 kbps). Setelah itu, berkembang GPRS dengan kemampuan yang sama dengan GSM, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi, yaitu 115 kbps. Kemudian dilanjutkan dengan perkembangan Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE), yakni perkembangan teknologi ponsel dengan kemampuan menyalurkan data sampai 3 kali lipat kecepatan GPRS, yaitu 384 kbps. EDGE menggunakan teknik modulasi yang berbeda dengan GPRS yaitu 8-Phase Shif Keying (8PSK).

Dimensi
Volume: 56 cc
Berat: 91 g
Panjang: 106.4 mm
Lebar: 43.6 mm
Ketebalan: 13.1 mm


Multimedia
Pemutar musik pendukung

Pemutar musik dapat digunakan untuk mendengarkan trek musik dari data suara MP3, atau MIDI, AAC, AAC+, eAAC+, WMA yang berasal dari web atau transfer ke ponsel dengan menggunakan Nokia PC Suite.

Radio stereo FM dengan Radio Visual

Radio FM akan tergantung pada antena selain antena perangkat nirkabel yang dilengkapi dengan headset dan perangkat tambahan lain yang kompatibel.

Video streaming (3GPP)
DRM rilis 2.0
Browser xHTML
Java: MIDP 2.0
Macromedia Flash Lite 2.0

Flash lite adalah pengembangan aplikasi ponsel (aplikasi handphone dan PDA) dengan menggunakan Macromedia Flash (saat ini dikenal dengan Adobe Flash). Flash lite merupakan flash player versi ponsel yang terletak dan terinstal di PC ponsel. Flash lite berfungsi sebagai emulator untuk memainkan aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan menggunakan flash atau java.

Olah Pesan
Pesan teks
Pesan yang lebih panjang, yaitu melebihi 180 karakter, akan dikirim sebagai dua pesan atau lebih. Karakter dengan aksen atau tanda lainnya, serta karakter dari beberapa pilihan bahasa memerlukan ruang yang lebih banyak, sehingga membatasi jumlah karakter yang dapat dikirim dalam satu pesan.
Pesan multimedia (MMS: OMA MMS 1.2)
Pesan multimedia dapat berisi teks, gambar, klip suara, dan klip video. Jaringan nirkabel akan membatasi ukuran pesan MMS. Jika dalam pesan multimedia terdapat gambar yang melebihi batas ukuran yang ditentukan, maka perangkat dalam ponsel secara otomatis akan memperkecil gambar sehingga dapat dikirim melalui fitur MMS.
Email (versi Java)
Fitur ini dapat dipergunakan untuk membaca, menulis, serta mengirim email. Ponsel dapat pula menunjukkan secara otomatis jika terdapat email baru yang diterima melalui account surat elektronik (email) yang didaftarkan dengan pengaturan yang benar pada ponsel.
Tekan untuk bicara(Push to talk)
Tekan untuk bicara (PTT) merupakan layanan radio dua arah yang tersedia melalui jaringan selular GPRS. PTT dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan satu atau sekelompok orang (saluran).
Pesan instan
Pesan instan (Instant Messengger) adalah layanan jaringan yang dapat digunakan untuk mengirim teks singkat kepada pengguna yang sedang online.
Olah pesan Nokia Xpress Audio (AMS)
AMS merupakan salah satu fitur pada Nokia 6300 untuk membuat dan mengirim pesan audio dengan menggunakan MMS.

Konektivitas
Bluetooth
Bluetooth dapat menghubungkan telepon genggam Nokia 6300 ini dengan menggunakan gelombang radio ke perangkat Bluetooth yang kompatibel dalam jarak 10 meter. Penggunaan Bluetooth akan meningkatkan pemakaian daya baterai dan mengurangi masa pakai baterai.

Paket Data
Paket data dapat digunakan setelah status GPRS dalam ponsel telah aktif. GPRS (general packet radio service) adalah layanan jaringan agar telepon genggam dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan berbasis Internet Protocol (IP). Nokia 6300 dapat digunakan sebagai modem dengan menghubungkannya ke PC yang kompatibel melalui Bluetooth atau kabel data USB.

Kabel data USB

Kabel data USB dapat digunakan untur mentransfer data antara ponsel dengan PC yang kompatibel atau printer yang mendukung PictBridge.

Sinkronisasi dan cadangan

Nokia PCSuite
Nokia PC Suite digunakan untuk mengelola musik,dan menyinkronisasikan konak, kalender, catatan, serta catatan agenda antara ponsel dengan PC yang kompatibel atau Server Internet Jauh (layanan jaringan).

Transfer Data
EDGE (EGPRS): Kelas 10
GPRS: Kelas 10
HSCSD High-Speed Circuit-Switched Data)* / CSD (Circuit-Switched Data)

HSCSD digunakan untuk aplikasi dan transfer data dengan kecepatan (bandwidth) yang lebih tinggi seperti data stream, gambar bergerak, dan video telepon bergerak. Awalnya, tingkat kecepatan data hanyalah 9,6 untuk seluruh program aplikasi data. Namun, HSCSD menggunakan time-slot ganda , sehingga kecepatan transfer data menjadi sebesar 14,4 kbps hingga 28,8; 43,2 dan 57,6 kbps. Sedangkan CSD adalah bentuk awal dari transfer data yang dikembangkan untuk Time Division Multiple Access (TDMA) yang berbasis pada sistem telepon selular seperti Global System for Mobile Communications (GSM). CSD menggunakan time-slot radio tunggal untuk transfer data sebesar 9.6 kbit/s kepada jaringan subsistem GSM yang terhubung dengan modem yang sama dengan yang terhubung pada Public Switched Telephone Network (PSTN) untuk layanan panggilan langsung.

Fitur Suara
Pengeras suara(loadspeaker)
Tekan untuk bicara (push to talk) Nokia PoC 1.1
Perintah suara dan perekam suara

Antarmuka Pengguna
Nokia seri 40

Perangkat Tambahan Asli
Baterai Lithium –ion BL-4C dengan waktu bicara selama 3.5 jam dan waktu siaga selama 336 jam.Baterai ini memberikan tenaga sebesar 820mAh.
Nokia bluetooth headset BH-207. Headset ini didesain dengan menggunakan empat pilihan warna dan merupakan headset nirkabel yang akan tersambung melalui teknologi Bluetooth. Selain itu, headset BH-207 dilengkapi dengan tombol multifungsi dan pengatur suara (volume) atas dan bawah.
Nokia wireless plug-in car hadsfree HF-33W. Unit handsfree ini dapat digunakan di mobil dengan cara memasangnya di soket pemantik rokok kendaraan. Handsfree nirkabel ini menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth dan Digital Signal Processing(DSP). DSP berfungsi untuk menghilangkan pantulan suara dan derau.
Nokia microSD card MU-22 1GB. Kartu microSD ini memberikan runag penyimpanan data sebesar 1GB dan meningkatkan ketersediaan memori untuk data, music, dan aplikasi perangkat lunak.
Nokia mini speaker MD-07

No comments:

Post a Comment